Sunday, April 3, 2011

Vocaloid, Pertemuan antara Virtual Idol dan Voice Syntheziser

Dedicated to : Bapak Ida Bagus Gunantha Wira - Guru TIK kelas XI IPA 1 SMAN 4 Denpasar
Ini tugas saya pak... hahaha. serius loh pak.

Jadi, pada post kali ini saya akan menjelaskan tentang Vocaloid. Mungkin hanya sebagian orang yang mengetahui apa itu Vocaloid. Atau mungkin ada yang pernah mendengar nama Hatsune Miku?

Hatsune Miku (初音ミク)

Sebelumnya, untuk memperjelas, Vocaloid bukanlah judul anime atau manga (walau ada beberapa doujin-komik yang dibuat oleh fans Vocaloid), tetapi Vocaloid (ボーカロイド) adalah sebuah program voice syntheziser buatan Yamaha yang menghasilkan suara nyanyian manusia dan sangat populer di seluruh dunia.
Lalu, buat yang tidak tahu mengenai apa itu program voice syntheziser, voice syntheziser itu semacam program yang memungkinkan pengguna nya untuk membuat lagu dari data suara tiruan dalam program tersebut hanya dengan memasukan lirik (yang biasanya dinyanyikan dalam bahasa inggris atau bahasa jepang), dan khusus untuk program Vocaloid, kita dapat memasukan melodi, bahkan tempo,intonasi, dinamika,dan lainnya yang memungkinkan hasil dari data yang kita masukan dapat keluar sebagai sebuah lagu. Untuk sederhananya, jika kalian ingin mengetahui seperti apa cara kerja voice syntheziser, kaian dapat mencoba di fitur Speech Recognition (yang sebenarnya digunakan untuk para tuna rungu) di Control Panel (di Windows manapun sepertinya tersedia, karena di Windows 7 laptop saya ada).
Text to Speech pada Windows 7


Jika penasaran mengenai detail cara menggunakan, versi versinya, dan segala sesuatu mengenai vocaloid, mari telusuri lebih dalam :D
Tentang Vocaloid
Vocaloid merupakan sebuah program voice syntheziser yang dikembangkan oleh Pompei Fabra University di Spanyol yang disponsori resmi oleh Yamaha. Vocaloid berasal dari kata "vocal" dan "android". Perangkat lunak ini pertama kali dirilis Yamaha pada 26 Februari 2003. Yamaha tidak menjual Vocaloid secara terpisah, melainkan dibundel dengan pustaka suara produksi perusahaan pustaka suara yang mendapat lisensi Yamaha. Vocaloid memungkinkan penggunanya untuk membuat lagu dari voice bank yang direkam dari suara penyanyi ataupun dubber dengan memasukan lirik, melodi, dan lainnya.
Teknik yang dipakai dalam perangkat lunak ini adalah Penyambung dan Pembentuk Artikulasi Nyanyian dengan Domain Frekuensi (Frequency-Domain Singing Articulation Splicing and Shaping). Sampling rekaman suara penyanyi profesional diolah dengan metode domain frekuensi. Hasilnya dimasukkan ke dalam basis data "artikulasi nyanyian" yang berisi potongan suara dan teknik bernyanyi.
Untuk masalah bahasa, software vocaloid yang biasa dikenal memang tersedia dalam bahasa Jepang, tetapi pada kenyataanya, seri pertama Vocaloid dirilis untuk Bahasa Inggris. Program ini sebenarnya tidak hanya ditujukan untuk professional, orang awam pun (seperti saya ==") dapat menggunakan Program Vocaloid ini, tetapi yang menjadi batasan dalam hasil outputnya adalah kemampuan masing masing penggunanya. Mengenai versi, Vocaloid sudah dirilis dalam 2 versi dalam berbagai suara, dan akan dijelaskan setelah ini.

Screenshot Vocaloid2 Editor
Keistimewaannya, setiap Vocaloid memiliki karakter suara yang khas, dan biasanya pihak developer menggambarkan karakter virtual yang mempresentasikan kekhasan suara vocaloid.
Cara menggunakan
Eits, sebelum mengulas apa saja seri-seri Vocaloid, mungkin ada sebagian pembaca yang penasaran, bagaimana sih cara menggunakan software Vocaloid ini? Kalau secara garis besar memang sudah saya terangkan seperti Speech Recognition diatas, lalu bagaimana dengan Software Vocaloid? Bukan kah kita harus menambahkan melodi, intonasi, dan sebagainya? Untuk orang awam, mungkin tutorial berikut ini cukup membantu jika ingin membuat sedikit nyanyian berupa sebuah kalimat pendek PADA VOCALOID 2 :D. Hope you enjoy it! :D (bgm:do mi sol do! >> kayak di bandara *plak)

Prosedur Dasar untuk Membuat Nyanyian Pendek pada Vocaloid 2
Langkah 1 : Membuat Laman Baru (Tentu saja sudah tersedia waktu kita pertama kali menjalankan software ini! milkysmile HAHAHA)




Langkah 2 : Mengatur Tempo Awal dan Ketukan
Terlihat pada gambar disamping, kita bisa mengubah tempo dan beat (ketukan) sesuai dengan kehendak kita hanya dengan double klik pada angka yang tertera di samping dan mengubahnya.



Langkah 3 : Memasukan Not
Sebelum itu, saya akan memperkanalkan dulu sedikit tools dasar yang penting dan cukup biasa dipakai oleh orang awam pada mulanya. (Namanya juga dasar, jadi yang biasa biasa aja dulu ya..hehe )
Urutan nya : Kiri ke kanan sesuai dengan atas ke bawah :D
Jadi jika kita mau mesakukan nada C, cukup memilih pencil dan menarik pencil dari kiri ke kanan sesuai besar ketukan. Ketukan ditentukan angka 1 ke dua, yang terdiri dari 4 bar yang masing masing nya 1/4 ketukan (ditunjukan pada bagian atas tempo). Lalu, hasilnya akan  seperti ini.

Bar warna biru adalah nada C (ditunjukan pada huruf C3) dengan seperempat ketukan

Langkah 4 : Memasukan Lirik
Dilihat dari gambar diatas, pada bar tertulis huruf "a [a]". Disitulah tempat dimana kita akan memasukan lirik dari lagu yang akan kita buat.Cukup hanya dengan mengklik 2 kali. Dan perlu diperhatikan, bahwa kita memasukan lirik suku demi suku kata, tidak bisa langsung liriknya. Memang sepertinya merugikan tapi hal ini semata mata mempermudahkan kita untuk bisa membuat lirik yang cukup jelas pengucapannya pada lagu cepat. Dan satu hal lagi, jika kita memilih voice bank yang diperuntukan ke bahasa jepang, kita juga harus memperhatikan pengucapannya jika kita memasukan lirik yang mengandung huruf L dan konsonan ganda (dalam bahasa jepang sangat sedikit kosa kata yang mengandung huruf L dan konsonan ganda). bentuk pengucapan ditunjukan pada tulisan di dalam [..].

Lirik "Yen Gumanti Bajang" pada lagu pop Bali - Bungan Sandat

Sedikit catatan, jika ingin menghapus tinggal mengklik tombol penghapus, tunjuk, dan klik not & lirik yang ingin dihapus.

Mungkin sekian untuk cara menggunakan vocaloid untuk orang awam, semoga bisa membantu. Selamat Mencoba!

Vocaloid Characters
Mohon permaklumannya, karena virtual idol dari vocaloid ada sekitar >20 karakter, maka dalam kesempatan kali ini saia hanya akan mengenalkan karakter karakter yang terkenal sajaaaa. Dan lagu lagu dibawah ini sudah saia masukan lagu favorit saya yang bisa menggambarkan bahwa suara vocaloid tidak kalah dengan suara nyanyian di alam nyata >:D sekali lagi maaf.. but please enjoy :D oTL
Reccomended vocaloid : MEGURINE LUKAAAAA <3


Vocaloid 1
Meiko ::

Kaito ::




Vocaloid 2
Hatsune Miku ::
    

Kagamine Rin/Len ::
     

Kamui Gakupo ::

Megurine Luka ::

Gumi ::


Mungkin cukup sekian dulu, jikalau ada yang ingin mengerahui lebih dalam mengenai vocaloid, bisa klik disini. Ciao, ja mata nee ! :D

thanks to my source XD :
God X3, who give me all the brilliants idea
Cornellius Kurniawan :: who help me to install Vocaloid2 on my Laptop :D
Dina Sotya , Amanda Yoga , and the others :: who tell me the newest updates of Vocaloid
Majalah Animonster - A.C. Nielsen's Best Teen Magazine edisi Desember 2010
http://id.wikipedia.org/wiki/Vocaloid
http://vocaloid.wikia.com/wiki/Vocaloid_Wiki
http://www.zero-g.co.uk/media/adobe/Vocaloid_Demo_Manual.pdf
http://www.google.com
and.. You! :D

4 comments:

  1. e-eeh kok ada nama saya di situ D:

    ReplyDelete
  2. postnya BWK abis, gambarnya dikompress dong

    ReplyDelete
  3. @Neil, kan anda yang membimbing saia bung hahaha
    @zukapersona g-gomen, sudah dikecilin headernya oTL
    @Fishy_Avarex trims komennya :D

    ReplyDelete